4 Cara Efektif Membuat Hidup Lebih Produktif

July 14, 2019

Menjadi produktif atau memiliki kemampuan untuk menciptakan hasil yang berkualitas dan berdampak merupakan idaman setiap orang. Menjadi produktif bukanlah menciptakan sebuah pekerjaan dalam waktu singkat ataupun workaholic, loh.

Tetapi orang yang produktif akan membuat satu artikel yang sangat dalam, well-research, dan berdampak. Nah, bagaimana untuk menjadi produktif? Inilah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi produktif tanpa batas!

1. Proaktif, punya tujuan yang jelas, dan buat to-do list

Seseorang yang produktif tahu apa yang harus dicapai, apa yang harus dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Mereka akan membuat jadwal to-do-list sebelum tidur ataupun saat bangun di pagi hari dan melaksanakannya di kemudian hari.

Bingung to-do-list yang harus dilakukan? Buat daftar sederhana dahulu. Biasanya, manusia dapat melakukan 7 hal produktif dalam sehari. Selepas itu, tubuh manusia tidak akan produktif setelah melakukan lebih dari 7 hal dalam sehari. Daftar ini bisa dibuat prioritas dan tidak. Prioritas, misalnya, sekolah, mengerjakan PR, bertemu guru untuk membahas remidial, dan sebagainya. Mudah, kan?

2. Fokus pada proses

Orang akan melihat hasil dan berfokus pada hasil. Ini memang tak sepenuhnya salah, namun mereka yang produktif akan berfokus pada prosesnya. Mereka akan melakukan yang terbaik dalam proses tersebut untuk memberikan hasil yang terbaik. Dengan proses yang matang, biasanya hasil yang akan mereka berikan juga terbaik, kok.

Mereka akan tahu kapan harus mencurahkan tenaga dan pikiran secara total untuk memberikan hasil yang terbaik. Orang produktif akan lebih cenderung talk less, do more. Tanpa basa-basi, mereka akan segera bergerak dan memberikan hasil yang maksimal.

3. Memilah-milah dan tahu kapasitas kerja

Untuk menjadi produktif, biasanya mereka akan tahu kapasitas kerjanya. Mereka tidak akan menjadi perfeksionis. Mereka tahu pekerjaan yang membutuhkan energi dan pikiran maupun pekerjaan yang tidak untuk menjadi efektif.

Ketika mereka berusaha semaksimal mungkin dan mendapatkan hasil, mereka akan mensyukuri hasil tersebut. Apapun hasilnya, mereka akan mensyukuri hasil tersebut. Nah, maka dari itu, apapun hasilnya, syukuri hasil tersebut dan kamu akan menjadi lebih produktif!

4. Kurangi/hindari gangguan

Sering melakukan hal ini hal itu namun konsentrasi gampang terganggu? Singkirkan hal-hal yang menggfanggu konsentrasimu, yuk! Ketika kamu sedang bekerja, cobalah untuk tidak membuka sosial media agar perhatianmu tidak akan teralihkan. Atau, sobat bisa benar-benar offline agar tidak terganggu dari semua notifikasi online.

Untuk menjadi produktif, tidak berarti kamu harus terus kerja, loh. Jangan lupa bagi waktu untuk istirahat. Istirahat bisa jadi reward atas kerja keras kamu. Ambil waktu istirahat setiap 30 menit untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai saat bersantai.

Tidak terlalu sulit untuk menjadi produktif, kan? Sekarang, mari bekerja secara efektif dan kerahkan seluruh potensi kamu sebijak mungkin! Jangan lupa beristirahat yang cukup, ya!

Daftar Webinar Krucils Sekarang