7 Kiat Menjaga Kesehatan Janin Untuk Sobat Ibu

September 30, 2019

Janin merupakan jabang bayi yang sangat rawan dan sensitif terhadap gangguan lingkungan. Penyebabnya adalah karena janin masih belum memiliki sistem kehidupan yang mandiri dan harus bergantung pada sang ibu. Itu mengapa, sang ibu harus mampu untuk menjaga janin dari ancaman-ancaman yang ada untuk menjaga kesehatan janin.

Kira-kira apa saja ya yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan janin? Mincils kali ini akan berbagi beberapa kiat untuk menjaga kesehatan janin. Harapannya, dengan mengikuti kiat-kiat ini sobat ibu bisa menjaga janin dengan lebih baik.

Kiat pertama, adalah tentang monitoring atau pengawasan perkembangan janin. Sobat ibu jangan pernah menunda jadwal untuk kontrol dokter saat sobat ibu sudah positif hamil. Tujuan dari tidak menunda kontrol ke dokter adalah agar perkembangan janin bisa terus diawasi dan diamati. Selain itu dokter juga bisa memonitor bagaimana kondisi sang ibu.

Pun jika sobat ibu ada keluhan-keluhan selama masa hamil, sobat ibu akan bisa segera ditangani oleh tim medis dan dokter yang menangani. Tentu saja harapan dari terus diawasinya janin oleh dokter adalah agar janin bisa lahir dengan selamat.

Kiat kedua, mulai atur dengan ketat konsumsi makanan. Makanan sangat berpengaruh pada perkembangan janin ya sobat ibu. Jadi sobat ibu harus mulai memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Sobat ibu harus mulai menghindari makanan berlemak dan berminyak jenuh yang banyak terkandung pada makanan cepat saji. Selain itu sobat ibu juga harus mulai mengurangi konsumsi makanan dan minuman bergula tinggi. Tidak lagi meminum minuman bersoda apalagi minuman beralkohol.

Konsumsi yang perlu diperbanyak oleh sobat ibu adalah konsumsi makanan serat tinggi, bervitamin dan juga kaya mineral. Sayur-sayuran dan buah buahan adalah sumber mineral yang baik untuk perkembangan janin.

Semua makanan baiknya dicatat dan ditulis agar ketika terjadi masalah maupun perkembangan janin, dokter bisa memantau konsumsi apa yang telah dimakan oleh sang ibu. Dengan cara ini pula sobat ibu akan bisa mengetahui makanan mana yang baik untuk janin dan mana makanan yang tidak baik.

Kiat ketiga adalah terkait dengan ketahanan fisik ibu. Sobat ibu tahukah ibu bahwa masa kehamilan itu sangat menuntut ketahanan fisik. Sebab seiring berjalannya waktu, janin akan terus berkembang dan semakin besar sehingga sobat ibu seakan seperti membawa beban berlebih yang selalu ada di perut ibu. Itu sebabnya para sobat ibu disarankan untuk tetap menjaga kebugaran selama kehamilan.

Cara untuk menjaga kebugaran adalah dengan tetap olahraga ringan, istirahat yang cukup dan juga konsumsi makan dan minum benar-benar dijaga. Jika sobat ibu ketahanan fisiknya kurang siap, janin bisa beresiko mengalami gangguan akibat ibu yang kelelahan. Perhatikan kebugarannya ya sobat ibu!

Kiat keempat, selain harus memperhatikan asupan-asupan fisik seperti makanan dan kebugaran, sobat ibu jangan melupakan asupan pengetahuan lho. Asupan pengetahuan yang dimaksud adalah sobat ibu harus tetap mencari ilmu dan pengetahuan seputar bagaimana menjaga kesehatan janin dan juga mempersiapkan kehamilan si kecil.

Asupan pengetahuan ini penting karena sobat ibu harus benar-benar siap secara mental dan pengetahuan untuk kelahiran buah hati. Tentu tujuannya adalah agar di saat-saat tertentu ataupun saat menghadapi situasi sobat ibu telah siap dan sigap untuk mengambil keputusan dan bertindak.

Kiat kelima, kondisikan lingkungan agar ramah ibu hamil. Kondisi kesehatan ibu hamil kerap kali naik turun sehingga situasi lingkungan harus benar-benar kondusif untuk merawat janin dan ibu hamil. Sebab sering kali terjadi ibu hamil yang tiba-tiba terjatuh karena kelelahan. Situasi seperti ini tentu membutuhkan ruang gerak yang ramah dan tidak berbahaya.

Lingkungan yang mendukung ibu hamil juga akan bisa membantu tumbuh kembang anak selama berada di janin. Bila sang ibu merasa nyaman dan tidak stres, maka janin pun tidak akan terhindar dari hormon-hormon stres.

Kiat keenam, libatkan orang-orang terdekat untuk menjaga dan membantu selama proses kehamilan. Sobat ibu mengandung itu bukan beban pribadi tetapi beban yang harus ditanggung secara kolektif bersama-sama dengan orang-orang terdekat. Tujuannya tentu untuk melindungi dan menjamin keselamatan dan perkembangan janin hingga masa kelahiran.

Melibatkan orang-orang terdekat untuk membantu aktifitas sehari-hari selama kehamilan itu dianjurkan sehingga jangan pernah merasa sungkan atau malu ketika meminta tolong orang lain. Sebab sobat ibu harus memprioritaskan keselamatan janin dari pada rasa tidak nyaman karena meminta tolong suami, keluarga atau bahkan tetangga.

Kiat ketujuh, persiapkan keuangan yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Bisa jadi sobat ibu tidak lagi produktif bekerja akibat masa kehamilan yang sulit. Jikapun masih bisa bekerja biasanya sobat ibu akan lebih mudah kelelahan sehingga keperluan keuangan harus benar-benar dipersiapkan.

Komunikasikan kebutuhan-kebutuhan keuangan selama kehamilan bersama dengan keluarga, terutama suami agar sang calon bapak bisa memahami apa-apa saja yang dibutuhkan untuk sobat ibu.

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa mincils bagikan pada para sobat ibu yang tengah bersiap dalam masa kehamilan. Mincils berharap kiat-kiat ini bisa menjadi gambaran tentang bagaimana merawat janin yang baik dan bagaimana menjaga keselamatan jabang bayi hingga masa kelahiran.

Dari sekian banyak kiat, mincils ingin menekankan bahwa sebaiknya sobat ibu bisa menemukan dokter kandungan yang mampu mendampingi sobat ibu dengan baik. Sebab dokter kandunganlah yang akan bisa menentukan rekomendasi-rekomendasi yang harus sobat ibu lakukan demi kesehatan janin.

Jadi, bagaimana para ibu? Sudah siap untuk menyambut kedatangan sang buah hati?

Daftar Webinar Krucils Sekarang