Bersabar, Berproses, Bertumbuh

May 21, 2019

Tidak semua hal yang kita inginkan bisa tercapai. Tidak semua yang kita rencanakan bisa sesuai dengan rencana. Tidak semua bayangan yang kita impikan bisa terwujud dalam realitas. Kehidupan memang tidak mudah, tetapi kehidupan memiliki caranya untuk membuat kita selalu tersenyum.

Hal-hal terbaik dalam hidup selalu memiliki harga. Itu mengapa hal-hal baik dan terbaik dalam kehidupan menjadi berharga. Prestasi, karya, kesuksesan, ketenangan dan kedamaian membutuhkan upaya untuk diperjuangkan. Setiap perjuangan menjadi harga yang harus dicapai untuk itu semua.

Sebagaimana di awal, tidak semua yang diinginkan bisa tercapai. Lantas apa yang harus dilakukan?

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah bersabar. Kita perlu untuk menerima situasi bahwa keadaan memang belum bersahabat. Kita bisa memandang sebuah kejadian sebagai sebuah pelajaran untuk membuat kita bisa lebih sabar.

Sabar bukan berarti kita hanya berdiam diri menerima keadaan, tetapi bersabar yang terus bisa optimis. Optimis bahwa segala hal yang kita rencanakan, inginkan dan impikan suatu saat bisa tercapai.

Situasi yang sulit menjadi momentum untuk sobat Krucils untuk selalu berproses. Sobat bisa mengembangkan diri, belajar sesuatu dan melatih kemampuan. Semakin sulit prosesnya semakin kuat hasil yang diterima. Percaya saja, setiap usaha selalu ada hasil, meski kita perlu pula menentukan apa hasilnya dengan jelas.

Salah satu hasil yang bisa kita percayai adalah kita bertumbuh, kita berekspansi, kita bertambah. Sobat Krucils pasti selalu merasa ada perubahan antara masa lalu dengan masa kini. Bandingkan bagaimana perbedaannya. Apakah saat ini lebih baik? Atau malah lebih buruk?

Jika saat ini lebih buruk dari masa lalu, sobat perlu mengevaluasi diri. Apa yang telah dilakukan selama ini? Mengapa hasilnya menjadi lebih buruk? Dan kemudian bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas diri. Tumbuh menjadi tujuan utama. Kemudian tentukan prestasi apa yang ingin diraih dari proses yang kita lalui.

Hidup memang sebuah perjuangan, dan itulah yang membuat hidup pantas untuk dihargai. Sebuah harga yang hanya kita yang mengetahui kelayakannya.

Daftar Webinar Krucils Sekarang