5 Cara Membangun Kemampuan Diri Menjadi Lebih Baik

July 4, 2019

Manusia memang diciptakan untuk hidup bersama-sama. Namun, membangun kemampuan diri agar tidak ketergantungan dengan orang lain akan lebih baik lagi. Ini bukan berarti kita harus hidup sendirian, loh! Membangun kemampuan sendiri adalah membangun kemampuan untuk mandiri atau membangun kekuatan dari diri sendiri.

Suatu saat, kita tak pernah tahu kapan kita harus melakukan pekerjaan sendiri tanpa bantuan orang lain. Misalnya, kamu sekolah atau kerja di luar negeri ataupun luar kota dan harus ngekos. Kamu harus memasak sendiri, mencuci baju sendiri. Well, menjadi mandiri memang terdengar menakutkan. Namun, membangun kemandirian itu juga penting dan berguna buat kamu. Inilah cara membangun kemampuan diri agar lebih baik.

1. Menerima diri

Tips pertama ini sangat-sangat penting sebelum kamu menjadi mandiri. Kamu tidak akan menjadi pribadi yang mandiri jika kamu nggak menerima kekurangan dan kelebihanmu sendiri, kan? Tidak ada manusia yang sempurna, kok.

Yuk, belajar cintai dirimu sendiri dengan menerima kesalahan-kesalahan di masa lalu dan belajar dari pengalaman. Dari sini, kamu akan bisa menjadi percaya diri dan membuat keputusan sendiri.

Kalau orang tua tinggal berjauhan dari kamu, mereka tidak bisa memutuskan sesuatu buat kamu. Boleh saja menggantungkan diri pada orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat, ataupun kekasih. Namun, ingat, mereka tidak bisa menentukan kebahagiaanmu, tapi kamu sendiri.

2. Motivasi diri sendiri

Jangan menunggu motivasi dari orang lain! Agar bisa mandiri dan sukses, kamu harus memotivasi diri sendiri untuk memulai kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. Ingat, jangan pernah melakukan tujuan demi pamer, menyenangkan orang lain, ataupun tampak keren di Instagram, dan sebagainya. Lakukan apa yang kamu sukai dan karena kamu ingin berhasil di masa mendatang.

Sehingga, kamu bisa menjadi panutan bagi dirimu sendiri. Kamu akan lebih menghargai kerja kerasmu sendiri dan akan lebih sukses di masa depan.

3. Abaikan apa kata orang lain

Orang lain tak akan pernah mengerti seberapa sulitnya proses kamu ingin meraih sesuatu. Maka dari itu, jangan terlalu memikirkan apa yang akan dikatakan orang tentangmu. Ini akan menghambat dirimu, loh. Kalau kamu merasa kamu melakukan hal yang tepat dan kamu menyukainya, go for it!

4. Buat pertemanan yang solid

Mandiri bukan berarti kamu meninggalkan teman-temanmu dan malah tidak berteman sama sekali. Tetap berteman dengan teman-temanmu yang sekiranya tidak memberikan pengaruh buruk untukmu. Carilah teman yang suportif agar dapat memperkuat kemandirianmu.

5. Coba travelling solo

Ingin membentuk dirimu yang lebih mandiri? Bagaimana kalau mencoba untuk bepergian sendiri? Nggak perlu jauh-jauh, kok. Pilih saja suatu tempat yang ingin kamu kunjungi dan tinggal di sana untuk beberapa hari sendirian. Agar kamu terlatih untuk hidup mandiri juga,
Membangun kemampuan diri menjadi lebih baik tidak menakutkan, bukan? Semoga berhasil!

Membangun kemampuan diri menjadi lebih baik tidak menakutkan, bukan? Semoga berhasil!

Daftar Webinar Krucils Sekarang