5 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menyambut Kehamilan

September 3, 2019

Siang itu Istriku tampak letih dan lesu, gerakannya tidak selincah biasanya. Sepertinya dia sedang gelisah karena sesuatu. Beberapa kali dia terlihat keluar masuk kamar mandi sambil membawa sebuah kotak kecil dengan semacam alat berbentuk penggaris kecil.

Hanya bisa mengamati dari jauh, rupanya itu adalah sebuah test pack. Istriku terlihat lebih lega ketika dia mengetahui hasil dari alat uji kehamilan mandiri itu memunculkan hasil. Aku tidak tahu seperti apa hasilnya. Apakah dia percaya dengan hasil tes tersebut? Mungkin dia meragukan hasilnya, tapi kelegaan di wajahnya semakin membuatku bertanya-tanya, apa yang sebenarnya terjadi.

Aku memanggilnya sesaat setelah dia keluar dari kamar mandi berpintu cokelat itu, dan bertanya padanya, apa yang sedang terjadi? Dia menjawab kalau dia sedang melakukan tes kehamilan dengan alat uji yang dia pegang. Dia tunjukkan hasilnya, setrip dua, yang artinya adalah positif hamil. Ini adalah kehamilan pertama yang dia harap-harapkan setelah beberapa bulan kami menikah. Aku sedikit sumringah, dan juga sedikit lebih bersemangat.

Benarkah aku akan menjadi seorang ayah?

Tunggu, belum tentu hasil alat tes ini akurat. Aku harus benar-benar yakin dengan melakukan pemeriksaan secara medis. Aku akan mengajak istriku ke dokter kandungan agar lebih pasti.


Halo, sobat Krucils sudah membaca ilustrasi cerita di atas? Cerita tersebut adalah gambaran bagaimana proses yang mendebarkan terjadi dalam sebuah rumah tangga setelah menikah. Proses menerima kabar kehamilan yang diharap-harapkan oleh sebagian besar masyarakat.

Namun tentu saja, sobat harus bisa menghadapinya dengan lebih kritis, hati-hati dan juga lebih siap. Mengapa? Karena kehamilan bukan perkara yang kecil. Terlepas apakah kehamilan yang terjadi adalah kehamilan yang diharapkan atau tidak, kehamilan adalah tentang menyambut datangnya seorang jabang bayi, seorang manusia baru yang akan memberikan warna dalam rumah tangga. Itu sebabnya sobat harus tetap memperhatikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut kehadiran si kecil.

Apa saja itu? Kami akan berbagi sedikit tentang apa saja yang diperlukan untuk menyambut kehamilan.

1. Pastikan kehamilan

Alat penguji mandiri seperti test pack memang diklaim memiliki akurasi yang tinggi. Namun bukan berarti sobat tidak perlu memastikan kehamilan ke dokter. Datang untuk memastikan kehamilan di dokter kandungan adalah hal yang perlu dilakukan karena dokter kandungan memiliki alat dan pengalaman yang lebih untuk memastikan apakah seseorang hamil atau tidak.

Selain itu, dokter kandungan bisa juga mulai memberikan nasehat-nasehat maupun kapan jadwal kontrol yang perlu dilakukan untuk memonitor perkembangan jabang bayi. Jadi pastikan ya sobat Krucils datang ke dokter kandungan agar yakin hamil atau tidak.

2. Atur Konsumsi makanan

Menjalani kehamilan adalah tentang berbagi kehidupan. Sang ibu bukan lagi hanya memikirkan dirinya sendiri tetapi juga harus memikirkan kehamilannya. Jabang bayi akan mendapatkan asupan makanan yang sama seperti apa yang dikonsumsi oleh ibu, sehingga ibu harus mulai memikirkan konsumsi makanan yang dimakan setiap saat.

Hindari makanan yang banyak mengandung gula, makanan yang tinggi kolesterol, dan makanan yang mengandung garam tinggi. Ketiganya adalah makanan yang banyak sekali dijual, enak dan murah namun sobat ibu harus paham bahwa nutrisi yang dibutuhkan jabang bayi adalah mineral-mineral baik untuk tubuh. Sehingga para ibu harus lebih banyak mengonsumsi serat, buah dan sayur-sayuran.

3. Mulai atur jadwal kegiatan

Sobat ibu yang sedang hamil tentu akan mengalami perubahan aktifitas. Sebab ibu yang sedang hamil akan lebih cepat lelah lebih banyak beristirahat. Itu sebabnya jadwal kegiatan dan aktifitas harus bisa diatur sedemikian rupa agar tetap bisa beristirahat cukup.

Untuk sobat ibu yang bekerja kantoran, mulailah untuk mengurangi jam-jam lembur. Pastikan ibu sudah beristirahat di rumah ketika malam telah tiba. Dengan banyak beristirahat ibu akan bisa lebih fokus pada kehamilan.

4. Informasikan kehamilan ke orang di sekitar

Menginformasikan bahwa sobat ibu sedang hamil adalah hal yang penting untuk diketahui oleh orang di sekitar ibu. Orang pertama yang harus tahu tentu saja adalah suami. Sebab suamilah yang akan bertanggung jawab terhadap keluarga. Kabarkan selalu perkembangan kehamilan dengan suami, agar suami juga memahami apa saja yang sobat ibu alami selama hamil.

Selain itu, sobat ibu juga harus memberi tahu orang di sekitar ibu bahwa ibu sedang hamil. Dengan orang sekitar mengetahui bahwa ibu sedang hamil, mereka akan turut berhati-hati. Selain itu dibeberapa fasilitas umum juga diberikan prioritas untuk para ibu hamil. Gunakan fasilitas tersebut untuk mendukung ibu menjaga kesehatan kehamilan.

Keluarga inti dan keluarga besar juga menjadi orang yang penting untuk diberi kabar bahwa sobat ibu sedang mengalami kehamilan. Dengan mengabarkan keluarga, ibu akan mendapat dukungan yang cukup untuk setiap kebutuhan yang ibu butuhkan sehari-hari. Misalnya, jika sobat ibu perlu diantar untuk kontrol rutin ke dokter kandungan ketika suami berhalangan ataupun kesulitan untuk menemani ibu melakukan pemeriksaan.

5. Pelajari informasi seputar kehamilan

Ilmu adalah hal paling mendasar untuk mengetahui hal asing seperti kehamilan, apalagi jika itu adalah kehamilan pertama bagi seorang ibu. Sehingga kehamilan membutuhkan ilmu yang cukup agar dapat perhatian yang tepat sehingga mampu berkembang dengan baik.

Sobat ibu Krucils bisa mulai mencari informasi seputar kehamilan melalui para dokter di puskesmas, ataupun pusat layanan kesehatan lainnnya. Ibu juga bisa mulai mencari dokter kandungan mana yang ingin menangani kehamilan ibu. Pastikan bahwa ibu cocok dengan sang dokter dengan melihat rekam jejak dan reputasinya.

Informasi seputar kehamilan juga bisa didapatkan secara daring melalui internet. Salah satunya adalah melalui webinar yang tidak lama lagi Krucils Indonesia adakan. Krucils Indonesia akan menyelenggarakan webinar berjudul Dear Mom & Dad: Let's Welcome Their Presence.

Webinar ini akan membahas tentang apa-apa saja yang perlu disiapkan oleh calon ayah dan ibu saat menyambut kehamilan maupun ketika anak sudah lahir. Sobat Krucils akan mendapat bimbingan langsung dari dr. Cepi Teguh Sp. OG. yang berpraktek di Rumah Sakit Universitas Indonesia.

Bagi sobat ibu yang tertarik untuk mengikuti webinar ini, bisa menghubungi kami untuk mendaftarkan diri sebagai peserta.


Nah, itulah hal-hal yang perlu dipersiapkan sobat Krucils untuk menyambut kabar gembira kehamilan. Kami berharap sobat Krucils bisa lebih memperhatikan kesejahteraan si kecil sedari mulai kehamilan hingga kelahiran. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagaimana sobat ibu bisa mempersiapkan diri.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika sobat merasa artikel ini memiliki manfaat dan berguna.

Daftar Webinar Krucils Sekarang