Ini yang Perlu Kamu Pahami Tentang Tanggung Jawab Setelah Menikah

August 9, 2019

Orang mengira bahwa ketika dirinya menikah, ia akan lepas dari kewajiban-kewajiban karena merasa ada orang lain yang akan menggantikan perannya. Pola pikir seperti ini jelas salah karena tanggung jawab dalam kehidupan pernikahan bukan semakin sederhana tetapi semakin meningkat.

Sebagaimana sebuah kedewasaan bertumbuh, tanggung jawab yang dialami oleh seseorang akan terus bertambah. Mulai dari lulus sekolah yang mulai diajarkan kehidupan dewasa di dunia kampus, kemudian dunia pekerjaan dan tentu saja pernikahan. Dari tahap-tahap tersebut tentu amanah dan tanggung jawab yang harus diemban akan semakin meningkat tingkat kesulitannya.

Dalam pernikahan antara suami istri tentu memiliki tanggung jawab yang berbeda. Tanggung jawab yang semakin bertambah, namun seharusnya tidak menjadi semakin berat karena tanggung jawab tersebut bisa ditunaikan secara bersama-sama. Inilah yang seharusnya dipahami oleh suami dan istri dalam sebuah keluarga.

Ekspektasi untuk bisa hidup bersama dalam kebahagiaan tentu boleh-boleh saja, tetapi juga harus tetap menyadari bahwa tanggung jawab dalam pernikahan telah menunggu. Jika pasangan tidak siap, antara suami istri bisa mengalami konflik karena tidak ada pemahaman dan pengertian satu sama lain. Itu sebabnya hal yang sangat perlu untuk dibangun dalam pernikahan adalah persoalan berbagi pandangan dan saling memahami.

Meningkatnya tanggung jawab dalam pernikahan juga akan terjadi ketika si kecil mulai hadir dalam keluarga. Rumah yang semula sepi dan hanya dihuni berdua, kemudian harus kedatangan warga baru yang akan menambah pekerjaan rumah.

Lagi-lagi, agar situasi pernikahan tetap kondusif, pasangan baik suami maupun istri harus paham bahwa tanggung jawab adalah amanah yang harus ditunaikan demi keberlangsungan keluarga. Namun perlu diingat bahwa tidak ada standar baku tentang apa tanggung jawab yang harus diemban oleh salah seorang pihak.

Inti sesungguhnya dari persoalan tanggung jawab adalah bahwa dua pihak dalam pernikahan memiliki tanggung jawab yang bisa dikerjakan bersama atau dibagi tugas-tugasnya. Jangan sampai antara suami dan istri tidak ada pembagian peran yang jelas sampai-sampai tugas dan tanggung jawabnya tidak terselesaikan.

Dan ingat, bahwa sebenarnya meningkatnya tanggung jawab bertujuan untuk membuat kita menjadi semakin dewasa, menjadi semakin berkualitas dan semakin memiliki kemampuan untuk berkeluarga, mengelola keuangan bersama, mengelola ruamh tangga, membesarkan anak, dan tentu saja memadu kasih sayang dalam keluarga.

Daftar Webinar Krucils Sekarang