Mengapa Mengenal Diri Itu Penting?

May 14, 2019

Manusia dilahirkan dengan keadaan yang suci dan bersih. Ia tidak memiliki sesuatu apapun dan juga tidak mengetahui apapun. Kemudian seiring berjalannya waktu, seorang manusia tumbuh menjadi seseorang yang berinteraksi dengan lingkungannya, bercengkrama dan juga bergaul dengan berbagai orang.

Seseorang yang tumbuh dewasa kemudian bergerak untuk meraih cita-cita yang diimpikan. Sebuah cita-cita yang mungkin telah ditetapkan sejak masa kecil dan ingin diraih suatu saat nanti. Namun cita-cita tidak akan bisa diraih bila seseorang tidak mampu mengenal dirinya sendiri.

Mengenal diri sendiri adalah tahapan untuk mengetahui apa yang dimilik oleh seseorang. Siapa saya? Talenta apa yang saya miliki? Potensi apa yang saya miliki? dan untuk apa saya hidup? Adalah pertanyaan-pertanyaan mendasar yang akan menjawab sebuah konsep mengenal diri.

Aristoteles konon dikabarkan mengatakan,

“mengenal diri sendiri adalah awal dari segala kebijaksanaan.”

Frasa ini merupakan frasa yang terdengar sederhana namun sangat sukar untuk dilakukan sebab tidak banyak orang yang mampu untuk benar-benar mengenal dirinya sendiri.

Ketika seseorang mengenal diri sendiri, ia akan mengetahui kemana ia harus pergi. Ia akan tahu apa yang ia inginkan, dan apa yang harus dilakukan.

Seseorang akan menjadi sangat bijak untuk menentukan sebuah langkah dan keputusan ketika ia telah mengetahui dirinya sendiri. Mengenal dirinya sebagai seseorang yang memiliki nilai dan prinsip.

Memang, setiap orang memiliki nilai dan prinsip yang berbeda-beda tetapi dengan seseorang mengetahui dirinya sendiri ia tidak akan gegabah dalam menentukan pilihan. Selain itu, seseorang yang telah mengenal diri sendiri akan selalu menjalani hidupnya dengan sepenuh hati. Tidak ada rasa berat karena keterpaksaan ataupun karena penyesalan.


Nah, bagaimana denganmu sobat? Sudahkah kamu mengenal diri sendiri? Kalau belum, yuk ikutan kelas Webinar Krucils Self Development. Kamu akan mendapatkan ilmu dan pengetahuan lebih detail tentang mengapa harus mengenal diri sendiri.

Daftarkan dirimu sekarang juga untuk mendapatkan harga khusus. Kami tunggu kehadirannya ya. Sampai jumpa!


Written by TEKNOIA Creative for Krucils Indonesia
Daftar Webinar Krucils Sekarang