Mengenal Diri, Menemukan the Joy of Learning

May 27, 2019

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa dirinya perlu untuk mengenal diri. Padahal dengan mengenal diri, ia akan bisa mengetahui apa yang sebenarnya ia butuhkan, apa yang sebenarnya ia inginkan, apa yang sebenarnya ia bisa lakukan. Sehingga dalam mengambil keputusan hidup ia akan lebih sadar dan sepenuh hati, seperti salah satunya adalah untuk bisa menjalani hidup untuk terus belajar dan berkembang.

Hidup seseorang itu mustahil dijalani dengan kondisi yang stagnan. Manusia bukanlah sebuah mesin yang bekerja sesuai dengan fungsinya secara terus menerus. Manusia adalah makhluk dinamis yang dibangun berdasarkan banyak faktor yang begitu rumit sehingga setiap manusia adalah unik. Sehingga kondisi yang stagnan akan membuat seseorang tidak berkembang, padahal usia semakin lama bertambah dan akan semakin singkat.

Mengenal diri untuk belajar

Agar hidup tidak stagnan seseorang kemudian harus mampu untuk terus belajar. Belajar tidak harus berada di sekolah tetapi juga di kehidupan. Mencoba hal baru, mengeksplorasi sesuatu yang belum pernah dialami dan juga memperluas wawasan tentang sesuatu.

Keinginan untuk belajar tentu saja tidak bisa dilakukan tanpa mengenal diri tentang apa yang dia sukai, tentang keunggulan dirinya, maupun kelemahannya. Sebab jika dilakukan dengan terpaksa, seseorang tidak akan berhasil untuk belajar dengan baik. Sementara jika dilakukan tanpa mengetahui apa kekuatan dirinya ataupun kelemahan diri ia akan belajar dengan metode-metode yang mungkin tidak sesuai. Akibatnya proses belajar yang diinginkan menjadi tidak efektif dan tidak memiliki dampak. Sehingga kita perlu menyadari bahwa mengenal diri adalah kunci utama sebelum seseorang berangkat untuk belajar.

Joy of Learning

Ketika seseorang telah mengenal diri, ia akan bisa mendapatkan apa yang disebut dengan Joy of Learning, kenikmatan dalam belajar. Belajar yang nikmat adalah belajar yang dilakukan tanpa beban. Belajar yang bisa dengan bebas melakukan eksplorasi, mengenali sesuatu yang mulanya asing menjadi dekat dan dalam. Belajar yang bisa dilakukan tanpa kekhawatiran dan ketakukan terhadap kegagalan dan penghakiman. Belajar yang dilakukan dengan semangat yang menggebu dan akan terus dilakukan tanpa harus berpikir tentang berapa harga yang harus dikeluarkan.

Joy of Learning tentu saja adalah hal yang sangat ideal yang ingin didapatkan setiap orang. Namun tantangannya adalah bagaimana kita bisa mengenal diri dengan lebih baik. Syarat mengenal diri rasanya menjadi mutlak untuk dimiliki sebab ia menjadi pondasi tentang siapa sebenarnya kita ini.

Ken Robinson dalam bukunya, menyebutkan bahwa seseorang harus bisa menemukan elemennya untuk bisa belajar dengan maksimal. Elemen yang dimaksud adalah elemen yang akan membuat seseorang akan nyaman dalam melakukan proses belajar. Jika disederhanakan, bisa jadi elemen yang dimaksud adalah sebuah kondisi di mana seseorang tidak lagi menyadari tentang waktu yang ia habiskan untuk belajar. Ia akan belajar tanpa henti, menikmati dan menghayatinya sepenuh hati.

Ibarat sebuah makhluk, kita harus mengetahui dari jenis apa kita. Ketika telah diketahui, kita akan bisa mengetahui apa yang dapat dilakukan dan juga apa yang tidak dapat dilakukan saat ini. Mengetahui apa yang sudah dan apa yang tidak bisa akhirnya akan membuat kita mengerti bahwa ada hal-hal yang belum bisa kita lakukan. Meski begitu, kita tidak bisa membatasi diri berdasarkan keterbatasan karena tujuannya adalah untuk terus belajar dan tumbuh berkembang.

Meraih titik ideal

Seseorang yang terus belajar dan bertumbuh akan terus menempati titik-titik baru dalam hidupnya. Titik yang menandakan bahwa dirinya telah melakukan suatu hal sebagai bagian dari eksplorasi belajarnya. Namun seseorang harus tetap menentukan tujuan hidupnya, kemana ia ingin berjalan dan menuju. Sehingga ia perlu untuk menentukan titik ideal yang harus dicapai.

Untuk mencapai titik ideal, tentu seseorang harus bisa terus berjalan meniti ruang-ruang yang baru. Tentu saja mustahil untuk seseorang mampu mencapai kesempurnaan. Sebab yang hanya bisa dilakukan adalah berusaha mencapai kedekatan pada titik ideal. Dengan begitu ia akan terus berusaha meraih titik ideal meski kesempurnaan mustahil untuk dicapai.

Perjalanan panjang inilah yang kemudian memerlukan Joy of Learning. Tanpa adanya kenikmatan belajar seseorang akan putus asa dan berhenti di tengah jalan. Padahal bisa jadi saat perjalanan dilakukan ia akan menemukan banyak hal menarik dan menakjubkan.

Pada akhirnya, kita memang harus mengenal diri dengan lebih baik. Mengenal diri untuk bisa mencapai joy of learning, kemudian untuk bisa berjalan menuju titik yang ideal. Tanpa mengenal diri tentu petualangan hidup tersebut tidak akan bisa dilakukan dengan baik.

Jadi untuk kamu yang ingin berubah, kamu yang ingin menuju titik yang ideal atau kamu yang sedang berjuang untuk bertahan hidup, kenalilah dirimu dengan baik. Kenali dengan sejujur-jujurnya tentang apa yang kamu minati, apa yang kamu bisa lakukan, apa yang kamu ingin capai.

Nah, untuk kamu yang ingin bisa mengenal diri dengan lebih baik, kamu bisa mengikuti Webinar Krucils 2019 Discovering the Real You. Temukan cara-cara terbaik untuk bisa mengenali diri dengan panduan para ahli. Daftar sekarang untuk mendapatkan harga lebih terjangkau.

Daftar Webinar Krucils Sekarang