Pada Siapa Aku Harus Bertanya?

September 6, 2019

Kehidupan sosial setelah pernikahan bisa sangat berbeda dengan kehidupan sebelum menikah. Salah satunya adalah tentang relasi sosial kedua pasangan dengan orang di sekitarnya.

Bila dahulu bisa dengan bebas berinteraksi bisa jadi setelah menikah, intensitasnya akan berkurang dan akan lebih mementingkan keluarga dari pada lingkungan di luar keluarga. Sehingga masalah yang kerap dihadapi adalah, baik suami atau istri saat mengalami kebingungan pada siapa bertanya soal banyak hal.

Mencari informasi dan ilmu terkait dengan kehidupan rumah tangga memang bisa didapatkan dari berbagai sumber. Namun menghadapi keseharian rumah tangga tidak serta merta bisa diselesaikan dengan membaca buku atau mengikuti seminar.

Hal yang paling ideal untuk menyelesaikan masalah rumah tangga adalah dengan bertanya pada orang yang sudah lebih mengerti ataupun orang yang sudah mengerti ilmu tentang rumah tangga. Itu sebabnya kedua pasangan harus tahu kemana dia harus bertanya ketika mendapati kesulitan-kesulitan dalam rumah tangga yang tidak bisa diselesaikan bersama.

Ada beberapa pihak yang bisa menjadi alternatif untuk bertanya seputar rumah tangga yang sobat Krucils bisa coba. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Orang tua / mertua

Orang tua adalah tempat bertanya yang paling mudah untuk dijangkau dan paling sering dijadikan referensi untuk berbagai masalah rumah tangga. Sebagai orang tua atau mertua tentu saja mereka sudah pernah mengalami masa-masa pernikahan dan merasakan asam garam berkeluarga. Pengalaman yang mereka miliki sangat berharga dan banyak hal yang bisa dipelajari dan dijadikan pelajaran.

Kendala dari bertanya pada orang tua adalah, pengalaman mereka sering kali terbatas pada masa lalu. Pengalaman yang bisa dikatakan kurang relevan dengan tantangan kehidupan pasangan baru menikah saat ini.

Misalnya seperti dalam konteks teknologi, era orang tua dahulu mungkin tidak tahu apa itu teknologi digital, sementara saat ini teknologi digital adalah hal yang sangat lumrah dan sulit untuk dihindari dari kehidupan rumah tangga. Sehingga yang bisa dilakukan suami ataupun istri jika ingin bertanya pada para orang tua atau mertua, hendaknya lebih bijak memilah mana yang masih relevan dengan situasi saat ini.

2. Teman atau sahabat yang sudah menikah

Bertanya pada teman sejawat dekat atau relasi di luar keluarga inti adalah pilihan yang paling sering dicoba untuk menyelesaikan masalah dalam rumah tangga. Alasannya adalah karena umumnya teman yang menjadi tempat bertanya sudah kenal dekat dan bisa dipercaya.

Keuntungan lain selain sudah dekat dan bisa dipercaya adalah mereka memiliki tantangan berumah tangga yang sedikit banyak mirip dengan rumah tangga yang sedang dihadapi sobat Krucils. Sebab mereka sebagai teman memiliki usia yang umumnya tidak jauh berbeda.

Namun kekurangannya adalah, teman dan sahabat yang akan mendapat pertanyaan bisa jadi sama-sama tidak memiliki pengalaman yang mumpuni. Ilmu yang mereka miliki bisa jadi sama-sama kurang seperti yang sobat Krucils alami. Sehingga informasi atau ilmu yang didapatkan tidak lebih banyak dari apa yang sudah diketahui.

Jadi jika memutuskan untuk bertanya pada teman sobat harus bisa pastikan bahwa mereka adalah relasi yang memiliki pengetahuan lebih terkait dengan persoalan yang sobat hadapi dalam pernikahan.

3. Biro Konseling Keluarga

Bagi mincils, tempat bertanya yang paling ideal adalah para profesional dibidang relasi keluarga yakni biro konseling. Alasannya adalah karena mereka bekerja secara profesional dan telah menangani banyak sekali kasus yang serupa. Sehingga biro konseling memiliki pengalaman dalam memberikan masukan dan pengetahuan yang lebih tepat.

Biro konseling umumnya juga memiliki keunggulan lain yang lebih banyak dibandingkan dengan dua contoh sebelumnya. Seperti misalnya, pengetahuan yang dimiliki oleh biro pasti lebih relevan dengan kondisi pernikahan di era saat ini. Sebab biro konseling lebih selalu bisa memperbaharui pengetahuannya dan belajar dari kasus-kasus yang pernah ditangani.

Tentu saja, dengan berbagai keunggulan yang dimiliki biro konseling keluarga. Ada kekurangannya yakni biayanya yang kerap kali cukup tinggi. Hal ini tentu saja lumrah karena biro konseling pada umumnya bekerja secara profesional untuk menyelesaikan masalah kliennya, sehingga solusi yang diberikan jauh dari bias kepentingan.

Ada banyak sekali biro konseling keluarga di Indonesia. Sobat boleh memilih siapapun yang dirasa cocok dan terjangkau. Pun jika sobat Krucils merasa kesulitan untuk mencari biro swasta, pemerintah ternyata juga telah memberikan solusi konsultasi keluarga melalui KUA setempat dibawah Badan Penasihatan, Pembinaan dan Peletarian Perkawinan (BP4).


Pada akhirnya, pilihan manapun yang dipilih untuk menjadi tempat bertanya sobat Krucils, pastikan bahwa pihak yang ditanya memiliki kapabilitas yang cukup. Kalaupun tidak, sobat harus bisa memilah-milah mana informasi yang tepat dan bisa digunakan dan mana informasi yang tidak pas dan harus ditinggalkan. Sebab bagaimanapun, keputusan untuk melakukan tindakan berada di tangan sobat sekalian.

Mincils tentunya selalu berharap bahwa permasalahan apapun yang dihadapi dalam sebuah pernikahan akan tetap bisa diselesaikan dengan baik jika sobat Krucils mampu mengatasinya dengan bijak dengan pasangan masing-masing. Percayalah bahwa setiap masalah pasti ada solusi yang terbaik yang akan bisa memberikan kebaikan pada sobat sekalian.

Daftar Webinar Krucils Sekarang