3 Pertanyaan yang akan Menentukan Tujuan Hidup Kamu

June 13, 2019

Dalam mengembangkan diri dan menjadi jati diri yang baru, pertanyaan “apakah tujuan hidupku?” pasti sudah menggema di benak kalian. Mencari tujuan hidup memang tak semudah membalik telapak tangan. Butuh waktu yang lama untuk menemukannya. Bahkan, tak sedikit orang menemukan tujuan hidupnya dalam separuh hidupnya.

Apakah kamu sudah bisa menjawab pertanyaan apakah tujuan hidupmu? Jika belum, sediakan buku jurnal kamu, buat segelas teh hangat, pilih daftar lagu favorit kamu, dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang harus kamu tanyakan sendiri kepada dirimu untuk mencari tujuan hidup kamu. Tak perlu tergesa-gesa, ambil waktumu sebanyak mungkin untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

1. Apa yang Paling Membuatku Bahagia?

Hal apa yang pertama kali terbesit dalam pikiranmu saat kamu merasa paling puas dan bahagia ketika melakukannya? Adakah kebahagiaan dan kepuasan saat memasak, menulis, melukis, menghitung soal Matematika yang sulit, dan hal-hal apapun itu? Mungkin kamu akan mendapatkan banyak jawaban. Jangan khawatir, tidak apa-apa kok kalau banyak hal yang kamu sukai.

Misalnya, kamu benar-benar merasa puas dan senang sebagai manusia saat melukis. Bagaimana jika kamu ambil jurusan seni? Kalau kamu sudah terlanjur masuk jurusan yang tidak berhubungan dengan seni, kamu bisa ambil kursus lukis atau terima jasa gambar dari orang-orang di sekitar kamu.

Dengan begini, kamu akan tetap punya akses untuk membuat jiwamu “penuh” walaupun tidak berkarir langsung di dalamnya. Sounds fun, right?

2. Apakah Hal ini Bisa Kuceritakan dengan Bangga pada Anakku Nanti?

Masih bimbang dalam menentukan tujuan hidup kamu? Coba pikirkan ke dalam jangka yang panjang. Apakah hal yang kamu pilih ini dapat kamu ceritakan dengan bangga pada anak-anakmu dan cucumu? Apakah mereka terinspirasi dengan ceritamu?

Misalnya, untuk meniti karir sebagai pelukis, kamu meninggalkan pekerjaanmu di dunia media agar berkarya lebih banyak. Dari keputusanmu ini, apakah keputusan ini akan menjadi sesuatu yang membanggakan untuk anak-anak dan cucu-cucumu nanti? Apakah mereka bangga akan keputusanmu ini?

3. Apakah Perubahan atau Pencapaian yang Ingin Aku Raih?

Tidak apa-apa untuk visualisasikan perubahan dan pencapaian apa yang ingin kamu buat. Apakah aktivitas yang kamu buat setiap hari ini akan mengantarkan kamu pada perubahan dan pencapaian tersebut?

Misalnya, kamu ingin menjadi pelukis yang menginspirasi banyak orang. Apakah lukisanmu sudah memberikan pesan yang membuat orang tergerak? Apakah lukisanmu sudah menginspirasi banyak orang? Apakah lukisanmu sudah cukup meraih banyak orang?

Setelah menemukan jawabannya, mulailah buat keputusanmu dan bertindak.

Dari tiga pertanyaan ini, apakah kamu sudah menemukan tujuan hidupmu yang paling jujur? Mencari tujuan hidup sangatlah penting untuk membuatmu semakin produktif dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Jangan takut untuk mencoba! Semoga berhasil!

Written by TEKNOIA for Krucils Indonesia
Daftar Webinar Krucils Sekarang