Sobat Ibu, Yuk Siapkan Diri Untuk Tiap Trimester Kehamilan

September 8, 2019

Hamil merupakan anugerah Tuhan yang tidak tergantikan. Kehamilan adalah momen ketika seorang perempuan akhirnya diberi tanggung jawab untuk menjaga sebuah nyawa dan kehidupan dalam rahimnya. Namun kehamilan adalah sesuatu yang asing, yang tidak tampak oleh kasat mata tentang apa saja yang mungkin terjadi, sehingga seorang ibu tentu akan berhadapan dengan hal-hal tak terduga saat hamil. Itu sebabnya seorang ibu harus paham dan siap dengan apa saja yang akan dihadapinya.

Kehamilan pada umumnya berlangsung selama tiga trimester atau ada sekitar 40 minggu dari awal sebelum terdeteksi mengalami kehamilan dari terakhir kali mengalami menstruasi. Di setiap trimester perkembangan janin akan terus berubah dan signifikan. Perkembangan ini sebaiknya terus dimonitor dan dikontrol agar sang ibu memahami apa yang sedang terjadi di dalam rahimnya.

Lalu apa saja sih yang terjadi di setiap trimester? Berikut Krucils akan memaparkan beberapa hal yang terjadi dalam rahim sobat ibu sebelum si kecil lahir di antara pekan 37 hingga pekan ke-42.

Trimester pertama

Trimester pertama ini terjadi selama 12 minggu. Kehamilan fase pertama selalu menjadi fase yang paling penting bagi perkembangan janin bayi. Di fase ini sel sperma akan bercampur dengan sel telur sehingga membentuk zigot yang menempel di dinding rahim.

Zigot itulah yang akan berkembang menjadi janin dan menempel di dinding rahim. Dalam masa-masa pertumbuhannya, zigot akan berkembang menjadi embrio yang mulai memiliki organ. Organ-organ utama seperti jantung mulai terbentuk. Dalam waktu hanya 4-5 minggu embrio hanya akan sebesar ibu jari, namun akan terus tumbuh tiga kali lipat dalam trimester pertama. Di masa-masa ini embrio akan mulai terlihat bentuknya.

Jantung sebagai organ utama akan bisa didengar ketika janin berusia sekitar delapan minggu hingga 12 minggu. Jika kondisinya baik, janin akan berkembang terus dan mulai menampakkan organ penting lain seperti jari tangan yang mengepal. Begitu juga dengan organ matanya yang tertutup oleh kelopak mata. Selain itu organ kelamin juga mulai nampak di usia ini, sehingga dokter akan mengetahui apakah bayi yang dikandung ibu berkelamin laki-laki atau perempuan.

Perkembangan kandungan dalam trimester pertama akan mempengaruhi sang ibu. Kebanyakan ibu akan merasa mual, pusing, dan muntah di masa kehamilan enam sampai delapan minggu. Rasa tidak nyaman ini bisa terjadi siapapun meski tidak menentu, bisa terjadi di pagi hari, siang, sore, maupun malam. Bahkan ada pula yang mengalaminya sepanjang hari sehingga menghambat aktifitas sehari-hari.

Tidak cukup mempengaruhi metabolisme, kehamilan trimester pertama juga akan mempengaruhi situasi hormon sang ibu. Sobat ibu akan merasa sangat lelah, emosional naik turun akibat perubahan hormonal.

Meski begitu banyak perubahan yang terjadi, ibu tidak perlu khawatir karena rasa tidak nyaman dan perubahan hormon tersebut adalah normal dan banyak dialami ibu yang mengandung lainnya. Namun bila sobat ibu merasa sangat tidak nyaman dan khawatir, bisa mencoba untuk mulai berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Trimester kedua

Trimester kedua adalah fase ketika kehamilan sudah berjalan selama 13 hingga 26 minggu. Di fase ini janin telah berkembang pesat dan tumbuh membesar. Organ-organ penting utama juga telah terbentuk seperti tengkorak kepala, otot, kulit, rambut-rambut, alis, rambut mata, jari-jari, dan sel darah merah.

Bayi di usia ini telah bernafas menggunakan paru-parunya yang telah terbentuk dan memproduksi zat surfaktan. Zat ini yang akan melindungi dan menjaga perkembangan paru-paru hingga kelahiran.

Fase kedua merupakan fase yang paling penting karena sang ibu hamil biasanya telah menemukan kembali nafsu makannya. Sehingga janin akan mendapatkan asupan makanan yang dibutuhkan. Itu sebabnya ibu harus mulai memikirkan dengan baik makanan apa yang dia konsumsi.

Sementara secara fisik, ibu akan mengalami perubahan ukuran perut sehingga memerlukan pakaian khusus ibu hamil. Bentuk tubuh lainnya yang juga berubah adalah puting susu yang mulai kegelapan dan muncul garis gurat (stretch mark).

Berat badan yang meningkat akan membuat ibu lebih cepat merasa lelah dan merasakan sakit punggung dan pinggang, namun ini bisa disiasati dengan lebih banyak melatih tubuh dan beristirahat.

Uniknya, karena organ-organ penting bayi telah terbentuk, sang ibu akan merasakan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh bayi di dalam rahim.

Tirmester ketiga

Fase ini merupakan fase terakhir ketika bayi tumbuh semakin besar yang terjadi setelah minggu ke 27 hingga kelahiran yang biasanya terjadi pada minggu 40.

Sobat ibu akan sedikit sulit untuk bernafas karena bayi akan menekan rahim. Organ diafragma akan tertekan ke atas sehingga mengganggu proses pernafasan. Sobat ibu harus perlu lebih banyak beristirahat dan tidak beraktifitas berat. Selain itu, bila ibu tidak memiliki kesiapan fisik yang baik, rasa sakit punggung akan semakin terasa karena bayi telah tumbuh semakin besar. Selain itu bagian tubuh lain juga mengalami kebengkakan, biasanya dibagian kaki karena kelelahan.

Hal yang paling sering dialami pada trimester ini adalah kontraksi palsu atau yang disebut dengan Braxton Hicks. Kontraksi palsu ini umumnya terjadi di perut bagian bawah disertai rasa dan kesan kram. Saat kram palsu terjadi, sobat ibu tidak perlu panik.

Untuk mengetahui apakah yang terjadi adalah kontraksi sebenarnya atau kontraksi palsu, sobat ibu hanya perlu melihat tanda-tanda lain seperti apakah air ketuban pecah atau apakah ada bercak darah yang muncul.

Di fase ini sobat ibu harus lebih sering memonitor aktifitas bayi dan sebaiknya tidak banyak beraktifitas di luar rumah. Selain itu sobat ibu juga perlu lebih banyak berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat mempersiapkan diri menjelang kelahiran.


Sobat ibu yang mendapat kabar kehamilan perlu untuk memerhatikan setiap fase perkembangan anak di atas. Sehingga ibu bisa merencanakan, menenangkan diri dan meminta bantuan orang-orang di sekitar.

Mincils berharap setelah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan, sobat ibu bisa menyambut kelahiran buah hati dengan hati yang bangga dan dalam keadaan sehat.

Bagi sobat ibu yang ingin lebih dalam mempelajari apa saja yang perlu dipahami di masa-masa kehamilan, ibu bisa mengikuti webinar Krucils yang akan berlangsung pada 8 September 2019 mendatang. Webinar ini akan dibimbing oleh dr. Cepi Teguh Sp. OG. yang berpraktek di Rumah Sakit Universitas Indonesia.

Di webinar ini sobat ibu bisa bertanya banyak hal seputar kehamilan. Mulai dari permulaan hami hingga masa kelahiran dan juga masa pasca kelahiran. Daftar sekarang sebelum terlambat.

Sampai jumpa di Webinar #6 Dear Mom & Dad: Lets Welcome Their Presence ya para ibu terbaik.

Daftar Webinar Krucils Sekarang