Ternyata Ini Dampak Interaksi Anak Dengan Musik

November 29, 2019

Bunyi merupakan salah satu hal yang ada di sekitar lingkungan anak kita. Melalui indera pendengar anak-anak mampu untuk mengenali bunyi-bunyian yang berbeda hingga bunyi-bunyian yang teratur atau kita sebut dengan musik. Uniknya, musik ternyata terbukti memiliki dampak yang positif terhadap tumbuh kembang anak.

Berdasarkan penelitian yang cukup tua, di tahun 1974 Desmon Sergeant dan Gilian Thatcher menemukan bahwa musik meningkatkan kemampuan mental anak-anak dalam menyelesaikan sebuah tugas. Penelitian cukup tua ini kemudian menginspirasi banyak penelitian lanjutan yang berusaha untuk menemukan korelasi antara musik dengan perkembangan anak.

Penelitian tahun 2016 di University of Southern California misalnya yang membuktikan bahwa musik dapat mempercepat perkembangan otak anak-anak. Dan masih banyak lagi penelitian yang kebanyakan menemukan bahwa memang suara, bunyi dan musik memberikan dampak pada anak.

Sebagaimana orang dewasa, anak-anak juga tertarik dengan musik yang ia anggap menarik perhatian. Bisa jadi musik tersebut alunan nadanya menenangkan dan menarik hati. Sehingga buah hati sobat Bunda dan Ayah tertarik untuk mendengarkannya.

Fakta sains yang ada tentu menjadi menarik ketika sobat Bunda dan Ayah sedang perhatian pada perkembangan anak. Terutama ketika si kecil sedang tumbuh di masa banyak berinteraksi dengan dunia luar. Anak akan banyak sekali bertemu dengan suara-suara, bunyi-bunyian dan juga musik.

Orang tua akan seperti sobat Bunda dan Ayah harus mulai memperhatikan bagaimana di kecil berinteraksi dengan musik. Jika memungkinkan terus menerus mengenalkannya pada musik yang berbeda dengan corak ritme yang berbeda kemudian mencari musik apa yang sang anak tertarik mendengar.

Memang, sepertinya tidak ada batasan, jenis musik apa yang cocok untuk anak-anak. Tetapi sobat Bunda dan Ayah harus tetap memberikan penjelasan tentang musik apa yang anak-anak dengarkan. Sebab alunan musik dapat selalu teringat di ingatan anak. Jangan sampai anak malah mengingat musik yang berlagu tidak pantas dan belum cocok untuk anak seusianya.

Selain memperhatikan jenis musik, sobat Bunda juga perlu untuk mempertimbangkan apakah anak perlu belajar bermain instrumen musik. Sebab penelitian juga menjelaskan bahwa bermain musik dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan motorik. Dengan berlatih musik, anak akan terlatih untuk menggerakkan tubuhnya secara teratur sesuai instruksi musik yang ia senangi.

Akhirnya, musik memang menjadi bagian yang rasanya tidak terpisahkan dari peradaban saat ini. Anak menjadi perlu untuk mengenal musik sejak belia dan jika memungkinkan untuk memainkannya. Sehingga sobat Bunda dan Ayah tidak perlu khawatir jika anak ternyata menyenangi musik atau bunyi-bunyian karena semua itu akan memberikan dampak positif pada tumbuh kembang si kecil.

Referensi: How Music Benefits Kids

Daftar Webinar Krucils Sekarang